Buat si Jahe Merah Awet

April 26, 2020 Ida Nirwana 0 Comments


Jahe Merah belakangan banyak diminati konsumen karena dipercaya bisa menjaga stamina tubuh.
Suami saya termasuk yang percaya akan hal itu, jadi begitu ada temennya jual langsung deh dia beli satu kilo, lalu saya olah seperti biasa jadi minuman herbal gitu tiap hari tapi gak bertahan lama jahenya, banyak yang layu dan ada yang juga bulukan. Jadi bete deh, karena harga perjahean buat emak gak murah.

Beberapa minggu kemudian pak suami pesen lagi si jahe merah sama temennya, terus gak mau kejadian kedua kali, emak rugi bandar langsung aku youtube_an cara buat empon empon. setelah nonton aku mundur teratur deh bikinnya bukan karena susah, prinsipnya semua bisa dipelajari... ciyee😉 tapi jahe yang dipake tu ternyata cuma airnya bahkan patinya pun gak bisa ikut dalam per empon emponannya itu dan pakai gulanya segambreng, its not my style.

Next emak googling cara biar awet ketemulah cara buat #jahe bubuk di youtube ini https://www.youtube.com/watch?v=ACbkAs_ldxQ&t=313s .

Caranya:
1. Jahe 1 kilo aku bersihkan semua, cuci bersih
2.  Keringkan di panas matahari sampai itu jahe kriuk gitu deh kurang lebih 5 hari.
3. Setelah kriuk aq blender pakai blender kecil bumbu yang bisa tanpa air itu


4. selanjutnya di saring
5. buat bubuk yang mungkin tidak bisa disaring bisa kita tumbuk dan saring ulang
6. Jadi deh jahe bubuknya, 3/4 kg jadinya cuma sedikit ya, itu yang dibotol atas jadinya.


Mungkin ada yang tanya kok cuma 3/4 kg sisanya aku mau coba bekukan di frezer, dan tadaa... masih seger dong ... ini aku foto lebih dari sebulan dari penyimanan, jadi kalau gak mau ribet ribet cuz deh di freezerin aja ambilnya satu satu sesuai kebutuhan.

Dari dua cara #jahe merah bubuk dan #jahe merah frezeer aku tim dua duanya deh.. soalnya kalau bubuk pakai dikit aja plus perasan lemon kasih madu jadi deh minuman anti corona itu hehe...

Terus perasan lemonnya aku pake yang praktis ini
#sarlemjus dong hehe

Selamat mencoba.....
#jahemerahbubuk #jaheinstan #jahemerahinstan #Jahefrezeer #simpanjahe #minumantangkalcorona

0 komentar: